Sambut Tahun Pelajaran Baru 2022 Dengan Semangat Merdeka

Tahun pelajar kali ini berbeda dengan tahun pelajaran sebelumnya karena kurikulum pada tahun pelajaran ini berubah menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum seharusnya tidak bersifat rigid akan tetapi harus dinamis, seiring perkembangan zaman kurikulum diharapkan bisa melahirkan generasi yang sesuai dengan keinginan zaman. Lantas apa bedanya kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Simak perbedaan dan ciri khas dari kurikulum merdeka.

Lantas apa yang harus dipersiapkan guru untuk menghadapi kurikulum merdeka?

  • Pemahaman elemen 

Elemen pada Capaian pembelajaran sebetulnya sama dengan KI dan KD pada kurikulum 2013 akan tetapi berbeda dengan kurikulum merdeka ini, CP dilaksanakan dengan kompetensi prasyarat. Oleh karena itu elemen pada CP dijadikan beberapa tahap tergantung pada tingkat kesukaran CP dan setiap guru diberikan kebebasan untuk menentukan tahapan pada CP tersebut sesuai dengan fase siswa.

  • Membuat ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Alur tujuan pembelajan sebetulnya adalah silabis pada kurikulum 2013, ATP berisi minimal ada 4 kolom yaitu kolom elemen, Capaian Pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran.  

  • Membuat alur ATP

Alur ATP dijadikan dalam bentuk proses dengan bentuk atau icon yang menggambarkan tahap awal yang harus ditempuh siswa sampai tahap paling sukar pada CP tersebut.

  • Membuat RPP

RPP pada kurikulum merdeka ini disebut dengan RPP plus karena dalam RPP ini terdapat modul ajar oleh karena itu RPP pada kurikulum merdeka sering disebut sebagai modul ajar. Isi pada RPP plus minimal terdapat identitas sekolah, kegiatan pembelajaran dan penutup.  

  • Assessmen

Assessment adalah bagian wajib pada RPP plus, karena assessment adalah bagian penilaian. Assessment terdiri dari 3 jenis, yaitu assessment diagnostic yang dilakukan sebelum memulai pembelajaran, assessment formatif yang dilakukan saat pembelajaran dan assessment sumatif yang dilakukan pada akhir pembelajaran. 

Assessment dapat dilakukan tergantung kebutuhan guru dan peserta didik. Assessment digunakan sebagai sarana melihat perkembangan siswa sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran. 

Kurikulum merdeka merupakan suatu pembaharuan yang dilakukan pemerintah untuk menjawab keinginan pemerintah mengenai Pendidikan. Diharapkan dengan adanya perubahan kurikulum ini memberikan dampak positif dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Pembelajaran pada kurikulum merdeka ini dilakukan dengan project based learning (PJBL).

Keputusan pemerintah mengenai kurikulum merdeka, capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran terdapat pada link berikut: https://drive.google.com/file/d/15I9jC9grFzeUP9Mw8GgtaEnJwVu5CMyx/view?usp=sharing

Mari kita bersemangat menuju Indonesia merdeka melalui kurikulum merdeka. Menuju Indonesia lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.