Kreativitas Dalam Kehidupan Ekonomi Saat Ini

Pandemi corona sangat berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek ekonomi. Seperti yang kita rasakan selama lebih dari 1 tahun pandemi memberikan efek ekonomi, salah satunya adalah penurunan pejualan yang berakibat banyak perusahaan yang gulung tikar atau mengurangi jumlah karyawannya. Sedangkan kehidupan tetap berlangsung, kebutuhan selalu ada. Lantas bagaimana cara kita menyikapi itu semua? Salah satu yang bisa kita lakukan adalah menikmati ini semua dengan cara membuat sesuatu untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Wirausaha adalah cara terbaik menghadapi hal ini. Untuk menjadi wirausaha kita harus menyadari kreativitas apa yang kita miliki.

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan untuk mencipta/daya cipta. Jadi, seseorang dapat dikatakan memiliki sifat kreatif apabila orang tersebut memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau memberi gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah.

Ciri-ciri orang kreatif antara lain:

  1. Disiplin dalam bertindak
  2. Selalu berfikir kedepan
  3. Selalu bersemangat
  4. Cerdas dan cerdik
  5. Berani menanggung resiko
  6. Menonjol dalam kemandirian
  7. Mempunyai daya imajinasi yang tinggi
  8. Belajar dari kegagalan dan dari pengalaman orang lain
  9. Mempunyai kelebihan dan kekuatan fisik

Lalu bagaimana cara kita mengembangkan kreativitas. Berikut caranya:

  1. Mencari tahu dan bertanya ketika mendapat masalah dan berfikir untuk mencari jalan keluarnya
  2. Bersikap terbuka pada hal-hal baru
  3. Berani mengambil resiko
  4. Mempunyai energi yang banyak dan terus bersemangat dalam melakukan sesuatu

Kreativitas dan kemampuan berinovasi yang dimiliki oleh seseorang merupakan hasil kerja kerasnya dalam membentuk dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Untuk menjawab masalah mengenai apa yang kita dapat hasilkan selama pandemi? Banyak sekali, kreativitas dengan membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa salah satunya kreativitas dalam membuat konektor masker yang saat ini banyak diminati kaum milineal. Bahan baku yang mudah didapat dan harga jual yang murah dapat menjadi peluang untuk usaha ini.

Jadi, jangan ragu jangan bimbang. Setiap manusia dilahirkan dengan keistimewaannya masing-masing, gali keistemawaan tersebut untuk menjadi hal yang luar biasa istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *